-->

Cara Fetch as Google Artikel Blog ke Google Webmaster Tools

Tutorial: Tips & Trik Cara Fetch as Postingan Blogger/Blogspot ke Google Webmaster Tools (Google Search Console)

Diistilahkan Fetch as Google (Ambil sebagai Google), atau Alat Fetch as Google adalah pengujian Crawling (Indexing) yang dilakukan oleh robot-robot Google dalam mengindeks halaman situs tersebut.

Praktisnya, tujuan atau fungsi dari Fetch as Google yaitu merender suatu halaman; apakah ada ditemukan Resource (gambar/skrip) yang di blokir oleh Googlebot atau tidak.

Tujuan lainnya yaitu untuk menyimulasikan eksekusi Crawling dan perenderan normal Google, dan dapat digunakan untuk melakukan debug masalah Crawling pada situs web kamu.

Fakta Menarik & Mitos seputar Fetch as Google


Salah satu hal yang menarik dari Fetch as Google yaitu banyak para blogger yang mengklaim bahwa fitur ini merupakan salah satu cara agar artikel cepat terindeks oleh Google.

Maksudnya seperti ini; cukup mendaftarkan URL postingan blog ke kolom Fetch as Google, maka dalam beberapa jam kemudian, artikel akan terindex dan terlihat di hasil pencarian Google.

Pertanyaannya adalah benarkah demikian? SALAH.

Fetch as Google merupakan alat pengujian untuk mengetahui apakah Google dapat meng-crawl halaman artikel tersebut atau tidak.

Selain itu, fungsinya juga untuk memberitahukan kita tentang bagaimana cara robot-robot Google ini melakukan Crawling terhadap halaman tersebut.

Sebagaimana paragraf ke empat (4) di atas, fungsi lain dari Fetch as Google yakni untuk mengetahui apakah ada debug masalah Crawling pada situs web.

Untuk mengetahui masalah ini lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi halaman web resminya di sini: Menggunakan Fetch as Google untuk Situs.

Cara Fetch as Google Artikel Blog ke Google Webmaster Tools


Buat kamu yang ingin menggunakan fasilitas Fetch as Google ini, pastikan situs kamu sudah terdaftar di Google Webmaster Tools (Search Console).

  • Login ke akun Google+ milik kamu, klik di sini: Google Search Console
  • Pilih blog yang diinginkan, setelahnya lihat (cek) pada bilah sisi kiri yang ditampilkan
  • Ketuk menu Perayapan (Crawl)
  • Lalu ketuk tombol Ambil sebagai Google (Fetch as Google)

Pada langkah selanjutnya tentang bagaimana cara melakukan Fetch as Google postingan blog ke Search Console, lihat gambar di bawah ini:

Cara Fetch as Google Artikel Blog ke Google Webmaster Tools

Silakan isi kolom yang sudah disediakan; dimulai terlebih dahulu dari tahunnya, hingga .html. Contohnya seperti ini:

https://addbloggerthemes.blogspot.com/2018/08/cara-fetch-as-google-artikel-blog.html

Yang perlu kamu ambil (Copy) dan/atau tambahkan yaitu URL akhirannya saja; lihat URL yang sudah diwarna-merahkan pada URL di atas.

  • Selanjutnya ketuk tombol Ambil (Fetch) atau boleh juga mengetuk tombol Ambil dan Render (Fetch and Render)
  • Tunggu sebentar, hingga muncul tulisan Kirim ke Indeks
  • Jika sudah muncul, tekan sekali lagi tulisan Kirim ke Indeks atau Minta Pengindeksan
  • Silakan lewati reCaptcha (saya bukan robot) seperti biasa
  • Pilih opsi apakah (1.) Rayapi URL ini saja, atau (2.) Rayapi URL ini dan tautannya langsung
  • Ketuk tombol Kirim. Selesai.

Bagaimana? Sudah pasti mudah bagi yang sudah membaca dan/atau mengetahui cara Fetch as Google artikel blog ke Google Webmaster Tools.

Perbedaan Ambil dan Ambil & Render pada Fetch as Google di Search Console


Buat yang belum paham apa arti, makna, dan perbedaan Ambil dan Ambil & Render pada Fetch as Google di Search Console; berikut perbedaannya:

Ambil:
Mengambil URL yang ditentukan di situs Anda dan menampilkan respons HTTP. Tidak meminta atau menjalankan resource apa pun yang dikaitkan (misalnya gambar atau skrip) di halaman. Ini merupakan operasi yang relatif cepat yang dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan atau debug konektivitas jaringan yang dicurigai atau masalah keamanan dengan situs Anda, serta melihat apakah permintaan berhasil atau gagal.
Ambil dan Render:
Mengambil URL yang ditentukan di situs Anda, menampilkan respons HTTP, serta merender halaman sesuai dengan platform yang ditentukan (desktop atau ponsel cerdas). Operasi ini meminta dan menjalankan semua resource di halaman (misalnya gambar atau skrip). Gunakan operasi ini untuk mendeteksi perbandingan visual antara cara Googlebot melihat halaman Anda dan cara pengguna melihat halaman Anda.

Di atas merupakan perbedaan antara perbedaan Ambil dan Ambil & Render yang langsung saya dapatkan (Copas) dari halaman Support Google.

Perbedaan Rayapi URL dan Tautannya Langsung pada Fetch as Google di Search Console


Setelah menekan tombol Kirim ke Indeks, kamu akan melewati reCaptcha (saya bukan robot). Di bawahnya ada 2 opsi yang akan tentukan selanjutnya.

Nah kedua opsi ini bertuliskan (1.) Rayapi URL ini saja, dan (2.) Rayapi URL ini dan tautannya langsung.

Rayapi URL ini saja:
Opsi yang hanya menyuruh robot Google agar melakukan indeks pada halaman tersebut; tanpa pernah menyentuh (crawling) pada bagian lainnya. Opsi ini bisa kamu gunakan sebanyak 100 kali dalam satu bulan penuh.
Rayapi URL ini dan tautannya langsung:
Opsi yang menyuruh robot Google agar melakukan indexing terhadap link-link (tautan) yang sudah kamu sematkan; semisal tautan dari "Baca Juga", Related Posts, Recent Posts, dan lain-lainnya. Opsi ini hanya bisa dimanfaatkan sebanyak 10 kali dalam satu bulan penuh.

Mana yang lebih baik? Tentu saja opsi yang kedua; sebab robot Google akan mengindeks semua halaman, termasuk tautan-tautan situs lainnya yang ada di halaman web tersebut.

Ada hal yang mau ditanyakan dari postingan blog tentang cara Fetch as Google postingan blog ke Google Webmaster Tools kali ini?

Labels: Tutorial Blogger

Thanks for reading Cara Fetch as Google Artikel Blog ke Google Webmaster Tools. Please share this article.

Daftarkan email kamu sekali saja, maka kamu akan mendapatkan artikel gratis di setiap harinya. Subscribe Now!

0 Response to "Cara Fetch as Google Artikel Blog ke Google Webmaster Tools"

Post a Comment

Punya masalah? Hubungi kami di Pemecah Masalah.
Silakan bertanya secara spesifik agar kami mudah dalam menjawabnya :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

SEO Kraken Blogger Theme