-->

2 Cara Menghapus Pensil, Obeng & Tang di Blogger/Blogspot untuk SEO

Tutorial: Cara Menghapus dan Menghilangkan Ikon Pensil (Pencil), Obeng (Screwdriver) & Tang (Wrench) di Blogspot

Kami menyebutnya dengan istilah "QuickEdit Name", sebuah istilah yang digunakan untuk Outbound Link QuickEdit yang terpasang secara otomatis di blog, -- tepat setelah memasang widget/gadget di blogger.

Untuk kamu yang belum tahu, Outbound Link adalah tautan situs yang apabila di klik akan mengarah ke luar situs web; sedangkan Inbound Link adalah kebalikan dari Outbound Link. Praktisnya, Inbound Link persis sama dengan Backlink.

2 Cara Menghapus Pensil, Obeng & Tang di Blogger/Blogspot untuk SEO

Oh iya, pernah mendengar Eksternal Link?

Eksternal Link adalah tautan situs yang sengaja kamu pasang di artikel-artikel blog, dan apabila di klik akan keluar dari situs web milik kamu.

Sedangkan untuk Internal Link, bagaimana bro/sis? Internal Link adalah tautan situs web yang saling berhubungan antara satu artikel dengan artikel lainnya (masih di dalam satu blog).

Pengertian (1.) Inbound Link dan Outbound Link, dan (2.) Internal Link dan Eksternal Link nyari sama. Perbedaannya sangat tipis... istilah Inbound/Outbound digunakan untuk secara umum, sedangkan Internal/Eksternal Link merupakan istilah yang digunakan apabila kasusnya di dalam artikel (on Content).

Hubungan Outbound Link QuickEdit Blogger dan SEO


Ngeblog (blogging) di platform Blogger, sebenarnya butuh pengetahuan khusus tentang link-link ini. Mengapa? Sebab, hampir semua bagian dari tampilan blog mengandung QuickEdit Name.

QuickEdit Name ini akan menampilkan ikon seperti pensil, obeng, dan tang.

Berdasarkan penuturan yang diterbitkan oleh situs-situs tentang SEO seperti Chkme dan GT Metrix, ikon-ikon QuickEdit Name ini tidak bagus buat SEO dan memperberat loading blog. Maka dari itu, harus di hapus.

Pada faktanya ikon-ikon QuickEdit Name seperti pensil, obeng, dan tang ini pun bersifat Outbound Link yang sangat merugikan kamu. Kenapa? Sebab, ketika di klik, maka situs akan "ditinggalkan" dan mengarahkan kamu untuk masuk ke halaman baru di browser yang kamu gunakan.

Selain itu, jika di teliti, gambar-gambar ini memiliki URL yang mengarah ke http://blogblog.com. Dapat diasumsikan, artinya situs kamu mengandung Outbound Link.

  • URL Gambar Ikon Pensil: http://img2.blogblog.com/img/icon18_edit_allbkg.gif
  • URL Gambar Ikon Obeng & Tang: http://img1.blogblog.com/img/icon18_wrench_allbkg.png

Sebuah fakta menarik tentang SEO, sesuatu hal yang mengarah ke luar situs, seperti Outbound Link tidak bagus untuk SEO. Terlebih-lebih apabila URL tersebut tidak relevan. Sudah dipastikan, SEO-nya situs kamu akan berkurang.

Kualitas SEO yang berkurang, tentu hasil #ranking di Search Engine Result Page (SERP) tidak bagus; dan parahnya, situs web kamu terkesan spam.

2 Cara Menghapus Pensil, Obeng & Tang di Blogger/Blogspot untuk SEO


Ada 2 opsi yang bisa kamu pilih, diantaranya (1.) memasang CSS khusus untuk menyembunyikan ikon pensil, obeng dan tang secara otomatis; atau (2.) menghapusnya dengan cara manual - permanen.

Bagi yang tertarik dengan CSS khusus, cukup memasang kode di bawah ini, tepat di atas kode </style> atau </b:skin> :

.quickedit{display:none}

Jika ingin melakukannya dengan cara manual, maka hapus semua kode di bawah ini yang ada di dalam template blogger kamu:

<b:include name=’quickedit’/>

Ada lagi beberapa kode yang nyaris sama dengan kode di atas, semisal:

<b:include data=’post’ name=’postQuickEdit’/>

...dan kode:

<b:includable id=’postQuickEdit’ var=’post’> sampai </b:includable>

Namun, untuk kedua kode di atas, harap backup terlebih dahulu template blogger yang kamu gunakan. Salah hapus, template blog bisa error.

Dari penjelasan di atas, manakah yang lebih baik?

Sebagaimana ilmu pengetahuan blogging kami, opsi kedua adalah cara terbaik untuk menghilangkan pensil, obeng dan tang di blog secara permanen. Punya pertanyaan?

Labels: Tutorial Blogger

Thanks for reading 2 Cara Menghapus Pensil, Obeng & Tang di Blogger/Blogspot untuk SEO. Please share this article.

Daftarkan email kamu sekali saja, maka kamu akan mendapatkan artikel gratis di setiap harinya. Subscribe Now!

0 Response to "2 Cara Menghapus Pensil, Obeng & Tang di Blogger/Blogspot untuk SEO"

Post a Comment

Punya masalah? Hubungi kami di Pemecah Masalah.
Silakan bertanya secara spesifik agar kami mudah dalam menjawabnya :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

SEO Kraken Blogger Theme